Cara Install Windows 10 yang Benar agar Tidak Error

ganzaleem – Windows 10 merupakan pemberharuan sistem operasi dari Windows 7 dan 8 yang dikeluarkan oleh perusahaan IT terbesar di dunia, Microsoft. OS terbaru ini juga menjadi sistem operasi pertama Microsoft yang mampu menggabungkan beberapa fitur unggulan dari Windows 7 dan 8. Tampilannya yang tampak menarik juga menjadi alasan kenapa OS ini layak Anda gunakan.

Bagi Anda yang ingin menginstall Windows 10, ada 2 cara yang bisa Anda lakukan, yaitu menggunakan flashdisk atau DVD. Tapi, di sini akan dibagikan langkah-langkah pada umumnya agar tidak terjadi kesalahan atau error saat di tengah-tengah menginstalnya.

Cara Install Windows 10 yang Benar agar Tidak Error

  1. Lakukan pengaturan awal pada Windows Setup

Langkah pertama ketika Anda sudah memasukkan installer-nya adalah mengatur beberapa hal pada halaman Windows Setup. Hal-hal yang harus Anda atur yaitu bahasa, waktu, serta keyboard.

Pada kolom Language to install, terdapat berbagai macam pilihan bahasa yang bisa Anda pilih, seperti Inggris, Indonesia, Jerman, dan masih banyak lagi yang lain. Pilih bahasa yang mudah Anda mengerti saja, ya. Lalu di kolom berikutnya ada pengaturan Time and currency format. Kolom tersebut mengatur format waktu dan mata uang yang dipakai selama pengoperasian Windows 10-nya.

Untuk mempermudah saja, pilih yang English (United State) karena pengoperasiannya yang umum. Terakhir yaitu Keyboard or input method di mana Anda menentukan jenis keyboard apa yang akan dipakai. Gunakan jenis US karena mudah dipakai dan sangat standar jenisnya.

Kalau sudah, klik tombol Next dan nantinya akan muncul Install Now. Klik tombol tersebut kalau sudah yakin dengan pengaturan Anda sebelumnya.

Simak juga : Cara Mengatasi Hardisk yang Tidak Terbaca

  1. Pilih tipe instalasi

Anda yang sudah klik pada tombol Install Now, akan diberikan 2 pilihan tipe instalasi. Pilihan tersebut yakni Upgrade dan Custom.

Tipe Upgrade merupakan pilihan instalasi untuk meningkatkan OS sebelumnya dan data yang digunakan pun juga masih tetap tersimpan. Sedangkan Custom merupakan cara instalasi yang menghapus semua data-datanya dan menggunakan partisi baru untuk menginstalnya.

Intinya, kalau Anda ingin meningkatkan OS yang sudah Anda miliki, pilih saja yang Upgrade. Tapi jika ingin melakukan fresh install, pilih yang Custom. Pilihan yang kedua menjadi opsi yang tepat kalau Anda ingin terbebas dari masalah instalasi.

Cara Install Windows 10 yang Benar agar Tidak Error lagi

  1. Buat partisi

Setelah pilih Custom, akan muncul tampilan partisi yang harus Anda pilih untuk menginstal Windows 10. Jika belum punya partisinya, Anda bisa langsung membuatnya dengan cara memformatnya. Pastikan Anda menyisakan lebih banyak ruang, karena selain untuk menginstal Windows 10, ruang tersebut dipakai untuk menginstal aplikasi.

  1. Install

Setelah Anda selesai melakukan pengaturannya, Anda hanya tinggal klik tombol Next dan muncul tampilan Settings. Ada 2 pilihan yang diberikan yaitu Use express settings dan Customize.

Kalau Anda ingin langsung install, pilih saja yang opsi pertama. Tapi kalau ada yang tidak ingin Anda aktifkan, pilih opsi kedua. Pilih salah satunya dan Anda hanya perlu menunggu sampai proses instalasinya selesai. Kurang lebih 60 menit tergantung spesifikasi laptop Anda, ya.

Windows 10 memang layak Anda coba. Fiturnya yang keren dan tampilannya yang menarik membuat Anda tidak akan bosan memakainya. Anda pun bisa bekerja dan bermain game lebih nyaman nantinya.

Cara Install Windows 10 yang Benar agar Tidak Error
Tagged on: